Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelajari Poin & Badge Reputasi Toko Hingga Bisa Meningkat Berkali Lipat




Apa itu Reputasi Toko?

Selama berjualan di Tokopedia, kamu tentu mengenal sistem Reputasi Toko yang diperoleh dalam bentuk Badge Reputasi Toko yang ada pada tokomu. Pada Reputasi Toko pembeli dapat memberikan penilaian kepada tokomu, dan Seller juga dapat memberikan ulasan atas reputasi dari pembeli. Jadinya, pembeli dapat melihat Reputasi Toko sebagai informasi tingkat pelayanan dan kualitas produk yang kamu berikan.

Setiap Badge Reputasi Toko memiliki lima tingkatan poin. Semakin besar Poin Reputasi Toko maka semakin tinggi pula Badge Reputasi Toko yang diperoleh.



3 faktor penentu Reputasi Toko
1. Reputasi dari pembeli

Pembeli dapat melakukan penilaian terhadap kualitas pelayanan toko setelah proses pembelian selesai dengan menggunakan smiley. Terdapat 3 jenis penilaian dari smiley yaitu Puas, Netral dan Kecewa. Seller yang mendapatkan penilaian Puas dapat tambahan +2 poin, Netral +1 poin dan Kecewa -1 poin. Jangka waktu pemberian smiley adalah 15 hari, namun apabila salah satu pihak sudah memberikan penilaian smiley, jangka waktu ini akan diperpanjang sampai dengan 30 hari.



Jika Seller atau pembeli sudah memberikan nilai smiley namun pihak lainnya tidak menilai smiley sampai jangka waktu berakhir maka nilai yang sama juga akan diberikan kepada pihak yang tidak melakukan penilaian tersebut. Misalnya Seller memberikan nilai ‘Puas’ untuk pembeli namun sampai jangka waktu berakhir pembeli tidak memberikan nilai apa-apa, maka nilai ‘Puas’ akan diberikan secara otomatis oleh pembeli.
2. Reputasi dari sistem

Reputasi Toko dari sistem dapat diberikan dengan 2 cara:

1. Order berturut-turut
Seller akan mendapatkan tambahan Poin Reputasi Toko apabila dapat menyelesaikan order berturut-turut tanpa adanya pembatalan



2. Kenaikan Badge Reputasi Toko dalam kurun waktu tertentu
Apabila Badge Reputasi Toko Seller naik dalam waktu tertentu, maka Seller berhak mendapatkan tambahan Poin Reputasi Toko sesuai dengan levelnya.


3. Pengurangan penalti

Reputasi Toko juga dipengaruhi oleh pengurangan penalti. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat berdampak pada nilai penalti:


Angka pengurangan poin juga bergantung pada Badge Reputasi Toko yang dimiliki oleh Seller, terutama dalam 2 hal berikut:

1. Pengiriman yang terabaikan (Ignore Shipping)

Kondisi ketika Seller tidak melakukan pengiriman atau tidak memasukkan resi pengiriman sesuai batas waktu tersedia

2. Pembatalan pengiriman (Reject Shipping)

Kondisi ketika Seller membatalkan pesanan pada saat konfirmasi pengiriman
Berikut pengurangan Poin Reputasi Toko yang dikenakan pada Seller berdasarkan Badge Reputasi Toko yang dimiliki:


Tips untuk menghindari penalti Reputasi Toko
Untuk menghindari penalti akibat mengabaikan pesanan (Ignore Shipping), selalu periksa bagian Konfirmasi Pengiriman dan upload resi pengiriman sebelum jatuh tempo
Untuk menghindari pembatalan pesanan (Reject Shipping), selalu pastikan stok produk tokomu masih tersedia. Pembatalan pesanan sering terjadi karena stok produk tertera tidak sesuai kenyataan, sehingga pembeli berasumsi produkmu masih dapat dipesan.
Pastikan kamu selalu mengetahui informasi terbaru tentang Tokopedia, terutama hal-hal terkait batas waktu proses pesanan dan konfirmasi pengiriman, aneka fitur penjualan, hingga sistem penalti Reputasi Toko.
Bagaimana cara menemukan Poin Reputasi Toko pada aplikasi Tokopedia Seller?

1. Buka aplikasi Tokopedia Seller, masuk ke halaman ‘Lainnya’ lalu klik ‘Ulasan’





2. Pilih ‘Penalti dan Reward’, kamu akan melihat Poin dan Badge Reputasi Toko



Dalam membangun Reputasi Toko, kamu harus sabar dan disiplin ya. Lakukan tips di atas terus-menerus hingga kerajaan Roma-mu berdiri megah di Tokopedia!

Posting Komentar

0 Komentar